Sep 21, 2018

German Post Card From 1888

     Lukisan yang berjudul
My Wife and My Mother-in-Law, memang termasuk salah satu optik yang paling terkenal di dunia. Ia mengandalkan Ilusi Optik sehingga orang bisa melihat wajah seorang perempuan muda yang sedang memalingkan wajah atau seorang nenek yang sedang menatap ke arah kiri.

Jika kamu belum juga bisa melihatnya, simak petunjuk berikut ini:
    1. mulut si nenek adalah kalung yang di kenakan oleh perempuan muda.
Sudah berhasil melihatnya? jika belum, berikut adalah petunjuk selanjutnya:
    2. dagu perempuan muda adalah hidung sang nenek.
Atau ini:
    3. dagu sang nenek adalah dada perempuan muda.
Nah, jika kamu penasaran mengapa kamu bisa melihat sosok perempuan muda teteapi sukar menemukan si nenek, maka jawabannya ada di usia kamu.

"My Wife and My Mother-in-Law" from 1915

Sebuah studi terbaru di Australia, yang digelar oleh para ilmuanpisikologi, menemukan bahwa orang-orang muda akan cenderung melihat sosok perempuan muda saat pertama kali melihat lukisan tersebut. Sebaliknya orang tua akan lebih dulu melihat perempuan tua atau nenek.

Dalam studi tersebut, seperti dilansir dari Business Insider, digerar dengan melakukan experimen yang melibatkan 393 orang responden, yang terdiri dari 242 orang laki-laki dan 141 orang perempuan. Usia para responden terdiridari 18 tahun - 68 tahun, dengan garis median 32 tahun.

Mereka diminta untuk melihat lukisan tersebut selama setengah detik atau sekitar 30 detik dan lalu ditanyai siapa sosok yang mereka lihat dalam lukisan tersebut.
Hasil sebagian besar dari responden mengaku melihat perempuan muda. Ini bisa dipahami karena sebagian besar responden berusia relatif muda yaitu 32 tahun.

Para peneliti lalu mengumpulkan 10 persen responden yang berusia paling tua dan 10 persen lagi berusia paling muda. Setelah menjalani test yang sama, diketahui bahwa orang-orang muda lebih dulu melihat perempuan muda dan sebaliknya para responden yang berusia lebih tua, mereka melihat perempuan tua atau nenek.
Dari hasil penelitian tersebut para ilmuan menyimpulkan bahwa usia seseorang mempengaruhi cara dia menafsilkan gambar di tingkatan bawah sadar.

Jadi, siapa yang kamu lihat pertama kali melihat lukisan tersebut ?
tulis jawaban mu di kolom komentar ya..

0 comments:

Post a Comment